Banjir Rendam Kota Panyabungan, Begini Respon Cepat Babinsa Koramil 13/PBY

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | PANYABUNGAN ~ Sejumlah titik di Kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terendam banjir, akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Ketinggian air bahkan ada yang mencapai 50 cm.

Situasi ini langsung direspon cepat Komandan Koramil (Danramil) 13/Panyabungan jajaran Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Kapten Inf Abdul Kodir Harahap dengan menurunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) ke lokasi terdampak banjir.

“Kita langsung kirim Babinsa ke lokasi banjir untuk membantu warga membersihkan rumahnya dari endapan lumpur dan sampah yang terbawa arus banjir,” kata Danramil 13/Pyb, Kapten Ing Abdul Kodir Harahap, Kamis (8/11/2018).

Selain membantu warga yang terkena musibah banjir, Danramil 13/Pyb juga memerintahkan para Babinsa untuk melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terkena banjir.

“Berdasarkan data sementara, ada sekitar 30 rumah warga yang terendam air banjir setinggi 50 cm. Saat ini, seluruh rumah penduduk itu sedang dibersihkan oleh Babinsa bersama warga setempat,” jelas Kapten Harahap.

Diterangkan Kapten Harahap lagi, 30 rumah warga yang terendam banjir itu, tersebar di beberapa titik pada Kota Panyabungan.

“Rumah warga terendan terdapat di Desa Pidoli Lombang, Desa Manyabar, Kecamatan Panyabungan, Desa Mondan, Desa Sayur Maincat, Desa Kumpulan Setia, Desa Binanga, Desa Bangun sejati dan Desa Hutarimbaru, Kecamatan Hutabargot, Kabupaten Madina,” urainya.

Banjir yang melanda Kota Panyabungan dan sekitarnya ini tidak hanya merendam puluhan rumah penduduk, sejumlah ruas jalan juga ikut mengalami kerusakan. Di antaranya, jalan menuju Kampus STAIN, SMA Plus, SMAN 3, SMPN 6, SD Percontohan dan SLB (Sekolah Luar Biasa) yang berada di Desa Pidoli Lombang, Kecamatan Panyabungan.

Ruas jalan ini rusak akibat terkikis arus deras aliran Sei Batang Gadis yang meluap, sehingga kondisi tidak dapat dilalui.
“Kita terus berkoordinasi BPBD Kabupaten Madina untuk penanganan pasca bencana, termasuk terus melakukan pendataan terhadap warga masyarakat yang terkena banjir. Kita juga sudah melaporkan situasi ini ke Komando atas untuk arahan lebih lanjut,” pungkas Kapten Harahap. (sus/Penrem 023/KS)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini