Satgas TMMD ke-121 Kodim 0204/DS Turunkan Tim SDABMBK Pemkab Deli Serdang

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | STM Hulu - Untuk optimalisasi pekerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 3,4 Km, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0204/Deli Serdang menurunkan Tim SDABMBK (Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi) Pemkab Deli Serdang.

Tim diturun ke lokasi sasaran fisik pembangunan jalan yang diperkeras dengan material sirtu (pasir dan batu) di Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (27/7/2024).

Perwira Pengawas TMMD ke-121 Kodim 0204/DS, Kapten Kav Gawah Ketaren menjelaskan, tim yang diturunkan didampingi personil Satgas TMMD.

"Pekerjaan yang dilakukan adalah pemetaan dan pengukuran badan jalan," jelas Kapten Gawah Ketaren.

Pemetaan dan pengukuran badan jalan ini merupakan tahapan pertama dari konstruksi pembangunan jalan, yang tujuannya untuk dijadikan patokan saat pekerjaan dilakukan. 

Kemudian, pembersihan lahan (Clearing and Grubbing). Di mana pekerjaan di tahap ini adalah membersihkan rumput liar dan semak belukar, serta akar pohon yang harus digali agar tidak kembali tumbuh dan merusak konstruksi jalan. 

Dalam peninjauan itu, tim juga juga melakukan rancangan pembentukan badan jalan, seperti tinggi jalan dan tikungan, serta terakhir rancangan pekerjaan tanah. Yakni tahap pekerjaan penggalian drainase dan penimbunan pada tempat-tempat yang membutuhkan timbunan tanah. 

Kapten Ketaren menguraikan, pelibatan Tim SDABMBK Pemkab Deli Serdang ini agar pembangunan jalan yang tahap awal diperkeras dengan sirtu okeh Satgas TMMD, bisa dilanjutkan oleh pemerintah daerah dengan material hotmix atau cor beton. (Sumber: Satgas TMMD Kodim 0204/DS)

Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini