Jumat Barokah, SAHERAH Sarapan Bareng dengan Tukang Beca, Supir Angkot dan Ojol

Editor: Tim Redaksi author photo
Bagikan:
Komentar
Ketua Umum SAHERAH Azhari AM Sinik (kanan) bersama relawan membagikan sarapan untuk tukang beca, supir angkot dan ojol.

PENGAWAL | MEDAN - Terketuk dengan kondisi warga pra sejahtera, Relawan Sahabat Edy Rahmayadi - Hasan Basri Sagala (SAHERAH) menggelar sarapan bareng dengan tukang beca, supir angkutan kota (angkot) dan ojek online (ojol).

Kegiatan berbagi Jumat Barokah itu dilaksanakan di Jalan Sutrisno simpang Jalan Laksana Medan, Jumat (27/9/2024) pagi.

Dipimpin Ketua Umum SAHERAH, Azhari AM Sinik kegiatan sarapan bareng itu membagikan 150 kotak nasi gurih kepada tukang beca, supir angkot dan ojol yang melintas.

Pembagian nasi untuk sarapan itu juga mendapat sambutan dari warga yang melintas. Sehingga banyak juga warga yang meminta nasi yang dibagikan.

Azhari Sinik mengaku, ide untuk membuat acara sarapan bareng itu timbul saat sarapan di Jalan Amaliun Medan, beberapa waktu lalu.

Dia sangat tersentuh ketika seorang tukang beca dayung yang mangkal di sebelah warung rokok minta uang untuk membeli nasi, karena mengaku dari malam belum makan. Seketika timbul niat di dalam hatinya untuk membuat acara sarapan bareng.

"Saya sangat tersentuh. Saat saya bisa sarapan enak, ternyata banyak warga Medan yang tak sanggup untuk mengisi perut mereka dan terpaksa menahan lapar. Selama ini mereka tak pernah mendapatkan perhatian dari Pemko Medan. Itulah yang kemudian menumbuhkan semangat untuk membuat program sarapan bareng ini," ujarnya.

Ari Sinik yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) ini mengatakan, program sarapan bareng tukang beca, supir angkot dan ojol ini bukan acara sarapan bersama-sama di satu tempat. Tapi, hanya membagi-bagikan nasi gurih kepada mereka. 

"Sehingga ketika warga lain mampu sarapan enak, para tukang beca, supir angkot dan ojol juga dapat merasakan hal yang sama. Sama-sama bisa merasakan sarapan dengan lauk yang layak," ujarnya.

Selain itu, sasaran program ini adalah pelaku UMKM yang membuka usaha kuliner untuk sarapan. "Nasinya kita beli dari warung-warung penjual sarapan. Sehingga secara tidak langsung akan membantu memajukan UMKM di Kota Medan," ujarnya.

Ke depan, lanjut Ari Sinik, program Sarapan Bareng ini akan tetap dilaksanakan setiap hari Jumat. Tidak hanya saat saat mendukung pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala di Pilgubsu ini, tapi juga merupakan program berkepanjangan.

Untuk itu, Azhari mengimbau kepada seluruh pengurus dan anggota SAHERA untuk bergotong royong meringankan beban warga tak mampu agar bisa sarapan setiap hari Jumat.

SAHERAH, lanjut Ari Sinik, akan melaksanakan program ini berpindah-pindah. "Kita akan melakukannya secara berpindah-pindah. Kalau saat ini kita melakukannya di Jalan Sutrisno, Jumat depan mungkin akan dilaksanakan di kawasan Jalan Mandala, begitu seterusnya," ujar Ari Sinik. (sus)

Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini